Manfaat Mandi Sebelum Shubuh

Artikel

Mandi sebelum shubuh memiliki banyak manfaat bagi kita. Menurut sumber: https://manfaat.co.id/manfaat-mandi-sebelum-subuh beberapa manfaatnya antara lain:

1. Membuat awet muda

Mandi sebelum subuh yang dilakukan secara rutin tidak hanya menyegarkan tubuh tapi juga akan membuat kulit lebih halus cerah dan sehat. Bahkan, mandi sebelum subuh juhttps://manfaat.co.id/manfaat-mandi-sebelum-subuhga dipercaya dapat membantu menghilangkan lingkaran hitam di bawah mata. Hal ini karena air dingin yang kita gunakan untuk mandi sebelum subuh menawarkan sifat segar dan sejuk yang dapat membantu meningkatkan kelembaban dan kekenyalan kulit. Selain itu, mandi pagi sebelum subuh juga dapat membuat kuku lebih sehat dan tidak mudah retak.

2. Membantu mencegah hipertensi

Hipertensi adalah penyakit tekan darah tinggi. Bagi Anda yang khawatir akan resiko terkena penyakit hiperensi barangkali Anda dapat mencoba membiasakan diri untuk mandi pagi sebelum subuh untuk mengurangi resiko terkena penyakit tersebut. Menurut seorang ahli hypnotherapy dari American Board of Hypnotherapy, Frederic Premji, mandi air dingin terutama di pagi hari dapat membantu mengurangi resiko hipertensi. Selain itu, mandi air dingin dipagi hari juga dapat mengurangi resiko varises dan pengerasn pembuluh darah. Hal ini akan membuat aliran darah menjadi lancar sehingga organ-organ dalam tubuh mendapatkan pasokan oksigen dan nutrisi yang dibutuhkan.

3. Meningkatkan mood

Mungkin kita merasa malas untuk menyentuh dinginnya air di pagi hari untuk keperluan mandi. Padahal, mandi di pagi hari sebelum subuh dapat membantu meningkatkan mood ita setelah tidur nyenya di malam hari. Orang yang rutin mandi pagi sebelum subuh dipercaya terlihat lebih cerah, lebih bersemangat dan ceria.

4. Membantu meningkatkan sel darah putih

Mandi di pagi hari sebelum subuh juga dipercaya dapat membantu meningkatkan produksi sel darah putih dalam tubuh sehingga imunitas tubuh dapat meningkat. Hal ini berdasarkan sebuah penelitian di Inggris yang membuktikan bahwa mandi sebelum subuh memiliki manfaat yang luar biasa terutama dapat meningkatkan sel darah putih. Selain dapat membantu untuk membekukan darah, sel darah putih diperlukan oleh tubuh untuk melawan berbagai macam benda asing yang masuk ke dalam tubuh seperti bakteri dan virus.

5. Membantu menurunkan berat badan

Dalam tubuh manusia, terdapat dua macam lemak yaitu lemak putih dan lemak coklat. Lemak putih merupakan tumpukan kandungan kalori dari makanan yang berlebih sedangkan lemak coklat merupakan lemak yang berguna untuk menghangatkan tubuh ketika keadaan dingin. Mandi pagi sebelum subuh dengan air dingin dipercaya dapat membantu membakar lemak karena dinginnya air yang digunakan untuk mandi akan mendorong lemak coklat untuk memproduksi energy pembakaran yang dapat menghangatkan tubuh. Dengan kata lain, mandi pagi sebelum subuh dapat membantu dalam menurunkan berat badan.

6. Membuat tubuh lebih bugar

Dibandingkan dengan mandi pada biasanya, mandi pagi sebelum subuh dipercaya dapat membuat tubuh lebih bugar. Hal ini dikarenakan air dingin yang kita gunakan untuk mandi sebelum subuh dapat membangkitkan saraf-saraf dalam tubuh kita. Selain itu, makin pagi air yang kita gunakan untuk mandi, terutama sebelum subuh, memiliki kandungan O3 yang lebih besar serta partikel alfa yang sangat besar. Kandungan O3 dan partikel alfa ini memiliki energy yang kuat dan khasiat yang berguna untuk tubuh, terutama menjadikan tubuh lebih segar dan bugar.

7. Membantu mengobati demam anak

Seorang ahli herbal bercerita bagaimana ia mengobati anaknya yang sedang demam dengan memandikannya pada saat sebelum subuh dengan air dingin sehingga tidak perlu menggunakan obat. Ia menjelaskan bahwa pertama-tama ia menyiramkan air pada kaki anaknya dan secara perlahan-lahan hingga ujung kepalanya. Meskipun demikian, hal ini bertentangan dengan pendapat banyak orang bahwa tidak boleh untuk mandi ketika demam melanda. Bagaimana? tertarik untuk mencoba?

8. Membantu memperlancar metabolisme tubuh

Menurut dr. Midi Hariyani, layaknya membangunkan mesin yang tidak menyala, mandi pagi sebelum subuh dapat membangunkan tubuh yang sebelumnya terlelap dengan menaikkan suhu tubuh hingga mencapai kestabilan. Kemudian jantung pun terpacu untuk bangun, adrenalin meningkat, pembuluh darah pun menjadi lancar hingga ke aliran kulit. Sedangkan menurut Dr. dr. Aru W. Sudoyo MD, secara medis mandi pagi dapat merangsang sistem peredaran darh dan persarafan untuk menjadi lebih aktif.

9. Membantu meningkatkan kesuburan

Mandi air dingin di pagi hari sebelum subuh juga memiliki manfaat positif terhadap kesehatan reproduksi manusia. Air dingin yang digunakan untuk mandi pagi dapat membantu meningkatkan hormone testoteron pada pria dan hormone estrogen pada wanita. Bagi Anda yang berencana menambah keturunan, barangkali mandi pagi sebelum subuh dapat membantu karena dapat meningkatkan kesuburan dan gairan seksual.

10. Membantu meredakan depresi

Pada jaman dahulu para pejuang samurai di Jepang melakuka ritual mandi pagi dengan air dingin (misogi) untuk membersihkan jiwa agar pikiran menjadi lebih tenang dan dapat menjalani hari penuh dengan semangat. Terlepas dari itu, mandi pagi dengan air dingin sebelum subuh dipercaya dapat memberikan efek terapis agar tubuh menjadi lebih rileks dan pikiran tenang. Bayangkan saja, ketika sedang dalam keadaan suntuk, tegang maupun depresi, air dingin yang membasahi tubuh dapat memberikan efek segar dan kejernihannya dapat menenangkan jiwa. Selain itu mandi pagi dengan air dingin secara rutin juga dipercaya dapat membantu meningkatkan memori otak

11. Membantu menyehatkan rambut

Mandi pagi sebelum subuh juga dipercaya dapat membantu menjaga dan meningkatkan kesehatan rambut. Hal ini dikarenakan air dingin yang digunakan untuk mandi dapat membantu memperkuat akar rambut sehingga rambut tidak mudah rontok dan kusam. Air dingin ini dapat menutupi kutikula rambut sehinga rambut terhindar dari kerontokan dan terlindungi dari kotoran-kotoran yang biasanya menempel pada kulit kepala.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *