Manfaat Gula Xylitol

Artikel

Ternyata xylitol yang disebut sebagai gula buatan “artificial sweetener” memiliki beberapa manfaat bagi kita dan kesehatan kita.
Menurut sumber : https://manfaat.co.id/manfaat-xylitol ada beberapa manfaat xylitol ini, misal pada gigi:

1. Mengurangi bakteri dan asam

Bakteri yang ada di dalam mulut dapat menyebabkan lubang. Xylitol akan membantu untuk mengurangi bakteri tersebut sehingga dapat mencegah timbulnya lubang. Jumlah asam yang memproduksi bakteri akan turun sebanyak 90%. Tidak ada asam yang dibentuk karena ph dari air liur dan plak tidak turun. Setelah menggunakan xylitol, bakteri tidak dapat melekat di permukaan gigi dan hasilnya plak gigi dapat berkurang.

2. Memperbaiki enamel yang rusak

Penelitian menunjukkan bahwa penggunaan xylitol juga membantu memperbaiki kerusakan pada enamel. Air liur juga akan menjaga mulut dan gigi. Ini menstimulasi air iur yang mengandung semua komponen yang dibutuhkan untuk memperbaki lubang awal. Jika gula hanya dikonsumsi beberapa kali saja dalam sehari, saliva dapat melakukan pekerjaannya sendirian. Tapi kebanyakan orang sering sekali mengonsumsi gula sehingga perlu bantuan zat lainnya.

Juga bermanfaat bagi kesehatan misalnya:

1. Menjernihkan jalur pernapasan pada hidung

Penelitian mengungkapkan manfaat signifikan dari xylitol bagi kesehatan yaitu sebagai nasal spray. Hidung kadang mengalami infeksi oleh bakteri dan lainnya. Xylitol bisa menjadi penahan yang melawan zat penyerang yang masuk ke dalam hidung dan akan membersihkan mereka sampai keluar. Xylitol dapat mengurangi kuman, polutan dan zat irritant yang masuk ke dalam sistem pernapasan sehingga pernapasan akan menjadi jernih dan menjauh dari infeksi. Tambahannya, xylitol akan mengurangi konsentrasi garam di jalur udara sehingga akan membantu antubiotik tubuh untuk bekerja lebih efektif.

2. Mencegah infeksi telinga

Pada sebuah studi, doktor di Finlandia menemukan bahwa 8 gram xylitol yang dikonsumsi oral setiap hari akan mencegah infeksi pada telinga. Xylitol dipercaya dapat mengusir bakteri yang dapat menyebabkan infeksi pada telinga. Bakteri tersebut hidup di hidung dan terbukti bahwa xylitol mampu mengurangi jumlah infeksi pada telinga jika dikonsumsi setiap hari. Dr. Jones menggunakan xylitol untuk anak-anak yang menderita infeksi telinga dan hasilnya terjagi pengurangan sampai dengan 90%.

3. Mengurangi tekanan intraocular

Penggunaan xylitol untuk tekanan intraocular dipatenkan di Eropa. Intraocular pressure sendiri merupakan sebuah kondisi yang dapat berkembang menjadi glaukoma, sebuah penyakit serius yang dapat menyebabkan kerusakan pada syaraf optik. Penggunaan xylitol dapat mengurangi masalah tekanan intraocular tersebut.

4. Menyembuhkan luka

Luka kronis yang disebabkan oleh kurangnya sirkulasi berkaitan dengan diabetes atau penyakit vascular biasanya paling ekstrim akan menghasilkan amputasi. Seorang dokter, Randy Wolcott menggunakan xylitol untuk mengobati luka tersebut dan ternyata mampu menyembuhkan luka daripada metode sebelumnya.Seperti penjelasan sebelumnya, xylitol memang mampu mengatasi bakteri seperti yang digunakan pada gigi.

5. Mengurangi periodontal dan penyakit jantung

Bakteri yang menyebabkan periodontal hidup di gusi, kebanyakan orang tidak tahu mereka memiliki masalah. Salah satu tanda seseorang menderita periodontal yaitu berdarah saat menyikat gigi. Orang dengan permasalahan ini akan kehilangan gigi mereka lebih awal karena gusi sebagai penopang gigi mereka lemah dan kurang efektif karena infeksi.

Tak hanya itu, bakteri di gusi juga akan mempengaruhi sirkulasi tubuh dan menjadi salah satu penyebab utama dari serangan jantung. Dokter Bradley Bale menulis tentang bagaimana untuk mencegah serangan jantung dengan mendorong penggunaan oral xylitol untuk mengatasi masalah tersebut.

Serta manfaat tambahan misalnya:

1. Pemanis yang tidak menyakiti tubuh

Xylitol memiliki rasa manis semanis gula meja atau sukrosa. Ini mengandung 40% kalori lebih rendah dan 75% manfaat karbohidrat yang lebih rendah. Fakta tersebut memberikan dampak yang besar pada tubuh kita. Xylitol juga lebih lambat diserap dan diolah, menimbulkan perubahan pada insulin. Jadi xylitol tidak akan meningkatkan gula darah seperti halnya gula biasa.

2. Manfaat bagi penderita diabetes

Xylitol digunakan di Jerman, Swiss, Rusia dan Jepang sebagai pemanis untuk penderita diabetes sejak tahun 1960. Jika kita menderita diabetes, ini penting untuk berkonsultasi pada dokter atau profesional sebelum menggunakan xylitol untuk konsumsi sehari-hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *