Profil Darul Ma’arif Sintang

Ponpes (Pondok Pesantren) Darul Ma’arif Sintang didirikan oleh Dr. M Ghozali, MH dan H Maskur serta tokoh penting lain di Sintang pada 01 Muharam 1419 H (1 Januari 1996). Pada tahun itu juga menyediakan Madrasah Aliyah, dan baru pada tahun 2000 Madrasah Tsanawiyah dibuka.

Ponpes Darul Ma’arif Sintang adalah salah satu pondok pesantren yang ada di Kalimantan Barat, tepatnya berada di Kota Sintang. Pondok pesantren yang mengadopsi pondok salafiah namun berbasis modern ini menyediakan pendidikan bersifat umum dan diniyah. Pendidikan formal berupa Madrasah Aliyah dan Madrasah Tsanawiyah. Dengan keunggulan adanya pendidikan diniyah yang memperdalam pemahaman santri terhadap Islam serta akhlak dan budi pekerti, maka Darul Ma’arif meyakini dapat menghasilkan lulusan-lulusan yang memiliki pengetahuan dan budi pekerti sehingga dapat memimpin masa depan bangsa.

Fasilitas yang diberikan Ponpes Darul Ma’arif Sintang secara garis besar ada 2 macam, fasilitas utama, dan fasilitas tambahan. Fasilitas utama adalah asrama, lokal kelas (gedung baru), perpustakaan, dan laboratorium, sedangkan fasilitas tambahan adalah lapangan olahraga dan peralatannya serta peralatan kesenian seperti Rebana dan Drum Band. Untuk laboratorium dan perpustakaan masih pada tahap pengerjaan, karena Ponpes Darul Ma’arif Sintang belum lama ini mengalami musibah kebakaran yang menghabiskan fasilitas-fasilitas penting-tersebut. Yang tidak kalah pentingnya santri diberi fasilitas libur pada hari minggu, artinya tidak ada diniyah dan sekolah pada hari itu dan diisi untuk kegiatan olahraga dan kesenian.

Hingga saat ini lulusan Ponpes Darul Ma’arif Sintang diperkirakan mencapai ribuan santri yang sudah tersebar di seluruh Indonesia (Data santri hilang bersama musibah kebakaran). Namun dengan banyaknya lulusan tersebut Ponpes Darul Ma’arif Sintang terus akan meningkatkan kualitas pendidikan sehingga kualitas lulusan dapat ditempatkan dimanapun, di masyarakat ataupun melanjutkan jenjang pendidikan yang lebih tinggi dengan tetap berbasih Akhlaqul Karimah yang ditanamkan kepada santri selama berada dalam masa pendidikan di Ponpes Darul Ma’arif Sintang.

Kunjungi Kami