Pengenalan Lingkungan Madrasah (PLM)

Pengenalan lingkungan madrasah (PLM) di Pondok Pesantren Darul Ma’arif Sintang dilaksanakan mulai tanggal 19-22 Juli 2016. Acara dilaksanakan di Aula Pesantren.

Menurut pengasuh Pesantren, bapak Slamet Arda Billy, S.Pd.I acara PLM ini merupakan pengganti dari kegiatan masa orientasi siswa (MOS) yang tahun-tahun sebelumnya diadakan. Menurutnya kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan bagaimana kehidupan, keadaan, dewan pengajar dan segala macam yang ada di lingkungan Pesantren.

Bapak Slamet Arda Billy, S.Pd.I saat memberikan sambutan pada pembukaan kegiatan PLM
Para santri baru saat mengikuti PLM

Secara garis besar acara PLM diisi dengan materi-materi yang bersangkutan dengan kegiatan di Pesantren. Materi pertama tentang Mars Pondok Pesantren Darul Ma’arif Sintang. Mars ini berisi tentang tujuan dan prinsip-prinsip pengajaran di Pesantren ini.

Menyanyikan Mars Pondok Pesantren Darul Ma’arif Sintang

Penyampaian mengenai kegiatan yang berkaitan dengan kesiswaan disampaikan oleh bapak Safrudin, S.Pd.I. Ia menyampaikan berbagai kegiatan ekstra dan minat bakat sudah tersedia di pesantren, sehingga santri baru nantinya bebas memilih kegiatan mana yang disukai. Kegiatan itu meliputi kegiatan keagamaan, olah raga dan seni.

Bapak Safrudin, S.Pd.I menyampaikan materi tentang kegiatan kesiswaan.

Sedangkan kegiatan santri yang kaitannya dengan kepesantrenan dicakup di kurikulum Diniyah. Materi disampaikan oleh bapak Mujib Huda, S.Pd.I

Bapak Mujib Huda, S.Pd.I menyampaikan tentang kurikulum Diniyah

Kegiatan belajar mengajar formal merupakan rangkaian belajar mengajar seperti di sekolah-sekolah umum, ini disampaikan oleh Ibu Lilis Fitriyani, S.Pd sebagai waka kurikulum di Madrasah Aliyah Al-Ma’arif Sintang.

Ibu Lilis Fitriyani, S.Pd.I menyampaikan mengenai kurikulum di pendidikan formal

Siswa disekolah memerlukan bimbingan dalam hal sikap dan perilaku, masalah sikap dan perilaku siswa diawasi oleh Bimbingan Konseling (BK). Materi yang berkaitan dengan BK disampaikan oleh bapak Agong Raharjo, S.Sos

Bapak Agong Raharjo, S.Sos menyampaikan materi tentang BK.

[AG]

Post Author: Agus Salim

Agus Salim. Pria biasa, lahir di Sintang 19 April 1990. Alumni Ponpes Darul Ma’arif 2008

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *