Gerakan Pramuka

Kegiatan santri pondok pesantren diarahkan dalam kerangka fungsionalisasi lembaga pendidikan sebagai salah satu pusat pembangunan masyarakat secara keseluruhan. Dengan kehadiran pramuka santri pada ajang perkemahan ini, mencerminkan adanya dinamika pondok pesantren guna merevitalisasi gerakan pramuka sebagaimana dikemukakan oleh Bapak Presiden Republik Indonesia pada Hari Pramuka tanggal 14 Agustus 2006. Dengan kedudukan dan fungsinya yang khas, pondok pesantren dinilai menjadi salah satu alternatif yang memiliki pengaruh signifikan dalam merevitalisasi gerakan pramuka. Hal ini karena pondok pesantren telah teruji sebagai alternatif wahana pembangunan yang berpusat pada masyarakat dan sekaligus sebagai pusat pengembangan pembangunan yang berorientasi nilai.
Keterlibatan santri pada momen ini sekaligus merefleksikan, bahwa pondok pesantren tidak hanya memainkan 3 (tiga) fungsi tradisional: transmisi dan transformasi ilmu-ilmu keislaman, pemeliharaan tradisi muslim, dan reproduksi intelektual-ulama, namun juga menjadi pusat penyuluhan kesehatan, pengembangan teknologi tepat guna, usaha-usaha penyelamatan dan pelestarian lingkungan hidup, serta pusat pemberdayaan ekonomi masyarakat. Bahkan dewasa ini semakin banyak pondok pesantren yang terlibat dalam aktivitas-aktivitas di sektor perekonomian secara luas. Makin bervariasinya dinamika pondok pesantren mengisyaratkan bahwa tradisi dunia Islam dalam segi-segi tertentu masih tetap relevan di tengah deru modernisasi, meskipun bukan tanpa kompromi bahkan resiko.
Pada sisi lain, perkemahan pramuka kaya akan nilai edukatif yang disampaikan secara menyenangkan di alam terbuka. Salah satunya adalah menyadarkan santri kembali bahwa ekosistem alam merupakan perwujudan dari kasih sayang (rahman dan rahim) Tuhan kepada umat manusia. Sebagai bagian dari makhluk Allah, ekosistem alam merupakan sebagian dari tanda (ayat kauniyah) kemahakuasaan Tuhan.


Muhammad M. Basyuni
(Menteri Agama RI)

Post Author: Pengelola

Pengelola (Administrator + editor utama). Hubungi admin di admin@maarif-sintang.org

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *