Dra.Hj. Sangadah di Ponpes Darul Ma’arif Sintang

Dra.Hj.SangadahSabtu, 18 Mei 2013 Pukul 19.00 wib Dra. Hj.Sangadah ( Kasubbag Informasi dan Humas) Kanwil Kementerian Agama Provinsi Kalbar beserta rombongan berangkat menuju Ponpes Darul Ma’arif Sintang.

Di sepanjang jalan hujan lebat mengiringi keberangkatan menuju daerah perhuluan, kurang lebih 400 km di tempuh menggunakan bus malam . Meski panitia menyediakan transportasi udara, namun Dra.Hj.Sangadah memilih kendaraan darat walau jalan yang di tempuh hampir 50 persen jalan dalam kondisi rusak. Hal ini dikarenakan Dra.Hj.Sangadah tidak ingin memberatkan panitia di sana, karena pondok pesantren yang akan di kunjungi dalam rangka wisuda santri dan santriwan Madrasah Aliyah dan Tsanawiyah Ponpes Darul Ma’arif Sintang baru mengalami musibah di tahun 2010. Gedung asrama santri terbakar habis, kini dua tahun dari musibah yang melanda memacu semangat para asatidz dan santri. Pengurus yayasan dan orang tua santri Darul Ma’arif kembali bangkit untuk membenahi segala sarana dan prasarana serta meningkatkan kualitas SDM yang ada. Pada akhirnya telah berdiri dengan kokoh dan megah gedung belajar,asrama putri dan sekaligus penancapan tiang pertama pendirian asrama putra yang menempati areal 1 Ha .

Minggu, 19 Mei 2013 Pukul 06.00 wib,Dra.Hj. Sangadah tiba di hotel untuk beristirahat dan mandi sejenak. Pukul 08.00 – 11.00 wib, acara wisuda santri Pondok pesantren Darul Ma’arif dan Tabligh Akbar .Sebelum acara wisuda di adakan pawai ta’aruf yng di ikuti oleh seluruh wisudawan dan wisudawati serta orang tua santri . Prosesi acara di awali dengan pembacaan ayat suci Al qur’an dan menyanyikan lagu Indonesia Raya, di lanjutkan dengan penampilan tiga santri untuk unjuk kebolehan dalam berpidato 3 bahasa. Bahasa Indonesia,bahasa Arab dan bahasa inggris, kemudian sambutan pimpinan Pondok Pesantren Darul Ma’arif Sintang Almukarram K.H. Ghozali MA. Di lanjutkan dengan prosesi wisuda sejumlah 90 santri. Dari jumlah santri sebanyak 400 satriwan dan santri wati.

Dalam tabligh akbar serta tausiah di sampaikan oleh Ketua BKMT Kalbar Dra.Hj.Sangadah dengan tema “ karakter pemuda idaman bangsa ”.Dengan gaya khas yang dimiliki Dra.Hj.Sangadah tiap kali akan memulai tausiah selalu melontarkan canda segar untuk menghidupkan suasana, serta menyemangati para pemuda dengan membuat yel yel. Dra.Hj. Sangadah mengucapkan Alquran di sambut audiance is my life. Allah is my God. Muhammad is my massenger. Pemuda strong and change.

Dalam Tausiahnya Dra.Hj.Sangadah mengupas 10 karakter pemuda idaman bangsa, menurutnya pemuda harapan bangsa memiliki 10 kriteria.

  1. Akidah kepada Allah SWT yang bersih dan jauh dari kepentingan dan kelicikan dunia
  2. Ibadah yang benar
  3. Akhlak yang mulia
  4. Kekuatan Jasmani
  5. Intelektual dalam berfikir,tiap tindakan harus dimuali dengan berfikir
  6. Berjuang melawan hawa nafsu
  7. Pandai menjaga Waktu
  8. Teratur dalam segala urusan
  9. Mandiri, berdiri di atas kaki sendiri
  10. Bermanfaat bagi orang lain.

Dra.Hj.Sangadah mengajak pemuda jangan galau. Sedikit sedikit mengeluh dan berputus asa kalau galau positif boleh. God Always Listening Always Understanding. (Apapun yang terjadi ,jangan pernah berputus asa dari rahmat Tuhan yang maha Kuasa )

Foto Bersama Dra.Hj.Sangadah
Mudirul Ma’had Darul Ma’arif Sintang, KH.Ghazali,MA bersama Asatidz dan Santri berprestasi berfoto dengan Kasubbag Informasi dan Humas Kanwil Kemenag Prov.Kalbar, Dra.Hj.Sangadah saat tausiyah di Ponpes Darul Ma’arif Sintang, Minggu 19 Mei 2013

Tausiah Dra.Hj.Sangadah mengajak seluruh undangan untuk membuka dompet dan merogoh kocek untuk penggalangan dana pembangunan asrama putra .Dengan diiringi lantunan Sholawat, sampai dengan acara berakhir, penghitungan belum selesai. Semoga infaq ,shodaqoh dan pemberian yang tulus dari seluruh hadirin akan di lipat kali gandakan. Karena ketika kita bershodaqoh harta yang kita sedekahkan bicara kuntu kolilatan fakaffartani. Kuntu faaniyatan faabqoetani.kunta haaritsi fal ana sirtuhu haaritsaka. Yang sedikit Allah SWT banyakan yang fana Allah SWT kekalkan. Yang dulu di dunia kita capek menjaganya kelak dia akherat dia akan menjaga kita. Insya Allah Amin. Acara di tutup dengan doa dan penancapan tiang pertama pembangunan asrama putra, tepat pukul 11.35 Wib acara berakhir.

Sumber: Kemenag Kalbar

Post Author: Agus Salim

Agus Salim. Pria biasa, lahir di Sintang 19 April 1990. Alumni Ponpes Darul Ma’arif 2008

2 thoughts on “Dra.Hj. Sangadah di Ponpes Darul Ma’arif Sintang

    Danu Semper

    (August 16, 2013 - 6:46 pm)

    10 karakter pemuda idaman bangsa,
    1. Akidah kepada Allah SWT yang bersih dan jauh dari kepentingan dan kelicikan dunia.2. Ibadah yang benar.3. Akhlak yang mulia.4. Kekuatan Jasmani.5. Intelektual dalam berfikir,tiap tindakan harus dimuali dengan berfikir .6. Berjuang melawan hawa nafsu .7. Pandai menjaga Waktu.8. Teratur dalam segala urusan.9. Mandiri .berdiri di atas kaki sendiri.10 . Bermanfaat bagi orang lain.

    Mantabb, 😀

      Agus Salim

      (August 16, 2013 - 6:51 pm)

      Betul, apalah lagi Allah lebih suka pemuda yang bertaqwa daripada yang tidak muda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *