Keutamaan Sholat Dhuha Oleh Yusuf Mansur

Sholat Dhuha merupakan salah satu sholat sunah yang sangat dianjurkan nabi. Mengapa Demikian? Tidak perlu langsung membaca hadits, cukup kita lihat saja apa isi dari do’a sholat Dhuha itu sendiri. Silahkan simak lantunan lagu berikut yang secara jelas memberikan arti dari do’a sholat Dhuha.

 

Berikut ulasan Ustadz Yusuf Mansur melalui akun Twitternya.

1. Ada yg tau ga kalo dhuha itu hutang kita ke Allah? Hutang 2 rokaat sehari. Yg kalo ga dibayar, maka numpuk. Loh loh, kan sunnah? #dhuha

2. Betul dhuha emang sunnah. Tapi sunnah muakkadah. Sunnah tg tramat penting. Yg kalo ditinggal, ya ada juga “resiko”nya. #dhuha

3. Sunnah muakkadah kalo ditinggal dlm wkt yg lama, tidak dijalankan dlm wkt yg lama, sangat negatif ke kualitas kehidupan&rizki. #dhuha

4. Gini ya, kenapa saya sebut sbg hutang… Dlm 1hr, sjak awal pagi, sampe pagi lagi, qt itu sesungguhnya kudu sedekah Mewujudkan Impian Dengan Sedekah  tanpa putus. #dhuha

5. Tiap sendi qt, dituntut sedekahnya. Kudu bayar. Ya iya lah. Untuk oksigen tambahan aja, kita kudu bayar. Mahal banget. Kalo anfal. #dhuha

6. Nah, apalagi oksigen yg kita hirup, free 24 jam. Trnyata ga bnr kan free itu. Kudu bayar. Dituntut sedekahnya. Belom lagi mata, dll #dhuha

7. Pokoknya kudu bayar. Dan ga bakalan kebayar. Siapa juga yang mampu bayar semua rizki&nikmat Allah? Sistem pernafasan yg komplit, #dhuha

8. sistem pencernaan, sistem penglihatan, pendengaran, &semua tubuh qt adlh keajaiban-Nya. Ini smua Allah adakan sedekah atasnya. #dhuha

9. Kitanya aja yg merasa free2 aja. Bebas2 aja. Ga ada tanggung jawab, ga ada beban, ga ada kewajiban. Pdhl engga gitu. #dhuha

10. Nyatanya tdk sdikit nikmat yg Allah kurangi, bahkan Allah cabut. Sbb di antaranya kitanya ga atau kurang brsyukur. #dhuha

11. Terus persoalannya, kalau bayar, dari pagi sampe pagi, atas semua rizki yg Allah kasih, harus bayar brp? Ga ada yg sanggup bayar. #dhuha

12. Dan Allah maklum itu. Ga bakalan ada yang bisa bayar atas semua riki&nikmat-Nya. Karena itu Allah cukupkan bayarannya dg dhuha… #dhuha

13. Allah cukupkan kewajiban kita bayar kpd Allah, dg dhuha 2 rokaat di pagi hari. Subhaanallaah, baik ya? Tukerannya Maha Ringan. #dhuha

14. Ya. Harusnya Maha Ringan. Ga ada bandingannya 2 rokaat dg kwajiban bayar 1hr POL rizki&nikmat Allah. Mestinya. #dhuha

15. Dan itu sekaligus mmberi pmahaman kpd qt, betapa besarnya dhuha itu. Nilainya sebanding dg seluruh bayaran Allah atas makhluk-Nya. #dhuha

16. Begitulah. Dhuha 2 rokaat, menjadi bayaran kita kpd Allah. #dhuha

17. Allah mencukupkan diri-Nya “dibayar” oleh kita, dg tambahan dhuha 2 rokaat di pagi hari. Luar biasa. #dhuha

18. Tentunya, itu kalau syarat minimal, dipenuhi&trpenuhi jg. Yakni soal shalat 5 wktnya. Tertib, bagus, tpt wkt, jamaah, di masjid #dhuha

19. Artinya, kalau dhuhanya cakep, trus shalat fardhunya ga cakep, ya tentu “bayaran” itu akan krg jg. &akan ada yg diambil o/ Allah. #dhuha

20. Saya udah nyampe di UIN. So, hrs ramah tamah dulu, kumpul2 sama alumni, dosen2… Tar terusin lagi ya. InsyaAllah. Ga janji. #dhuha

21. Pahami dulu twit dari dhuha_1 s/d dhuha_20. Hitung tuh hutang dhuha situ pada. 1th tdk dhuha, hutangnya 365hrx2 rokaat. #dhuha

22. Lah, kalau dari beliau ga dhuha? Hitung dah tuh… Brp hutang kita… Tar saya sekalian ksh solusinya buat ngebayar itu hutang. #dhuha

23. Jadi yg kudu dibaca, bukan sampe dhuha_20 ya. Tapi sampe 23, he he he. Salam dhuha di ujung dhuha. #dhuha

24. Seorang pengusaha tekstil ceritera, bhw tabungan 3th nya hilang sekejap. Kepengen sekali dia diskas, apa&bgm. #dhuha

25. Mula2 saya a/ izin Allah, tanya soal2 yg wajib. Sahabat ini mnjwb, yg wajib insyaAllah dikerjakan. Meski bulang bolong&brantakan. #dhuha

26. Dari soal yg wajibnya berantakan saja, saya udah ngasih sedikit catatan… Tapi krn kultwitnya ttg dhuha, lsg kita lompat ya… #dhuha

27.Soalan kedua, setelah nanya yg wajibnya pegimana, adalah gimana soal larangan Allah? Apakah ada yg dilanggar? Beliau blg ga ada. #dhuha

28. Okeh, kalau ga ada, mulailah masuk soalan ketiga… Soalan ibadah sunnah. Gimana dg ibadah2 sunnah? #dhuha

29. Bliau sedih, hidupnya sejak jadi pedagang, jauh, sepi, dari ibadah2 sunnah. Trmasuk dhuha. Dagangnya ga masalah. Wajib malah. #dhuha

30. Namun jika perdagangan jadi melalaikan kita dari ibadah yg wajib, juga yg sunnah, maka ini jadi masalah. #dhuha

31. mestinya dagang jadi ibadah, krn melalaikan yg wajib&yg sunnah, maka ga bs lg dagang disebut ibadah. #dhuha

32. Ok, kita lompat lsg ke pembahasan ttg dhuha ya. Ketika dia blg, ga lagi dhuha, u/ jangka wkt panjang, saya jelaskanlah… #dhuha

33. tentang kultwit dhuha_1 s/d dhuha_23, bhw dhuha itu hutang qt kpd Allah. Saban harin hutangnya 2 rokaat. #dhuha

34. kwn2 yg blm baca kultwit dhuha_1 s/d dhuha_23, kudu balik dulu, cari, baca itu kumpulan kultwit. Biar nyambung. #dhuha

35. Saya katakan kpd beliau, hutang itu kan adakalanya ditagih harian, mingguan, bulanan, tahunan, &ada jg yg skaligus diambilnya. #dhuha

36. Pengusaha ini mengerti. Dia meninggalkan dhuha begitu lama. Dhuha itu brarti rizki. Maka rizki itulah yg kini diambil kmbali. #dhuha

37. Logika kebalikannya adalah, bila pengen kembali rizki, kembali saja mlakukan dhuha… 3th dia nabung, tabungannya “ditarik” lg. #dhuha

37. bingung ya? Masa sih? Ya begitu dah. Namanya juga kultiwit tiwit, he he he, ya se-emprit emprit ngajarnya. Sampe ketemu ya. #dhuha

38. jgn lupa baca Surah Al-Mulk dulu sblm tidur. Kalau mau dikalikan 100x lipat pahala al mulk, bawa dlm shalat sunnah. Baca di dlm shalat. #dhuha

39. Makanya, hafalin al mulk, biar bs baca dlm shalat sunnah. Spy pahalanya dikali 100.

40. Yusuf Mansur ketika menulis dari Selangor, Malaysia, u/ Anda semua yg saya cintai krn Allah, hiks hiks hiks…

#dhuha_42 wot yu gev tu Allah, Allah wil pey yu bek beter den

yu gev to HIM. Giv HIM yur bes taim, yur best mani, yur best effort…

Sumber: WisataHati

Post Author: Agus Salim

Agus Salim. Pria biasa, lahir di Sintang 19 April 1990. Alumni Ponpes Darul Ma'arif 2008

6 thoughts on “Keutamaan Sholat Dhuha Oleh Yusuf Mansur

    Danu

    (July 25, 2013 - 7:01 pm)

    mantabb… keren dah…

    Lada hitam

    (November 25, 2013 - 11:51 am)

    Siap laksanakan

    agus suwarman

    (December 4, 2013 - 10:12 pm)

    Alhamdulillah sy jd nyadar kekhilafan sy slama nie mksh ustaf yusuf mansyut kultwit nya

    cieboeyw@elach

    (December 27, 2013 - 4:53 pm)

    makasih ya ustadz…

    ulil

    (December 27, 2013 - 6:44 pm)

    Subhanallah

    mulyasaroh

    (July 30, 2014 - 8:32 am)

    terimaksih banyak atas artikel dari twitnya pak ustadz yusuf mansyur sangat bermanfaat sekali untuk saya amin semoga alloh melimpahkan rahmat dan rizkinya kepadanya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *