Apa organisme paling penting di Bumi?

Banyak hal penting yang ada di bumi seperti matahari, air, udara, ozon dan lain-lain yang mempunyai peran menjaga keberlangsungan kehidupan di bumi. Tapi mereka bukan organisme. Lalu kemudian apa organisme yang penting? Apakah kita para manusia? Pasti jawabannya tidak, kita selalu bergantung pada semua hal, bahkan kita tidak dapat menghasilkan makanan sendiri untuk bertahan hidup. Asupan makanan kita selalu dari organisme lain.

Saya memperkecil area pembahasan “penting dan tidak penting” ini, mari kita bahas apa yang membuat kita manusia khususnya dan beberapa makhluk lain tetap hidup? Pasti sudah ada di pikiran anda sekalian. Ya, jawabannya adalah oksigen (O2). Kita dan banyak organisme lain akan mati jika tidak ada gas yang satu ini. Nah, pertanyaan selanjutnya ini yang paling penting. Organisme apa yang dapat menghasilkan oksigen? saya dan kebanyakan orang pasti menjawab pepohonan. Karena sejak SD guru saya mengatakan “mari kita lestarikan hutan kita, selain mencegah banjir pohon juga yang menghasilkan oksigen”. Memang betul jawaban ini tidak salah, akan tetapi setelah diteliti lebih lanjut ternyata pohon hanya menghasilkan beberapa persen saja dari keseluruhan jumlah oksigen yang ada di atmosfer. Kemudian organisme apa yang menghasilkan oksigen terbesar di atmosfer bumi? Jawabannya adalah “Alga”. Ya, ini merupakan organisme dari laut.

AlgaDipikirkan secara nalar betul juga, karena memang lautan menguasai bumi 71% sedang daratan hanya 29% saja. Artinya penghasil oksigen terbesar adalah bagian bumi yang besar. Sehingga pada akhirnya dapat saya bahwa organisme yang paling penting adalah Alga.

Beberapa penelitian menyebutkan oksigen yang dihasilkan oleh keseluruhan Alga di laut adalah berkisar antar 70-80 % dari keseluruhan oksigen di atmosfer, ini artinya jumlah alga tidak mungkin sedikit. Setelah diselidiki bahwa jumlah spesies Alga ada 7000. Satu spesies pasti memiliki banyak organisme Alga. Dan diperkirakan Alga mampu menghasilkan 330 juta ton oksigen di atmosfer.

Alga Hijau
“Kelp” salah satu jenis Alga hijau

Ada 3 tipe dari Alga: merah, hijau, dan cokelat. Beberapa Alga ukurannya sangat kecil dan hidupnya terombang ambing bersama arus di lautan. Alga ini disebut Fitoplankton. Alga yang paling dominan adalah jenis cokelat dengan jumlah 5000 spesies. Alga merah 2000 spesies dan tinggal dimana cahaya sangat kurang, di air yang lebih dalam dan biasanya berada di air tropis atau daerah panas. Alga hijau umumnya berada di daratan atau air tawar, tapi juga ada minimal 800 Alga di laut.

Sumber: www.ecology.com

Post Author: Agus Salim

Agus Salim. Pria biasa, lahir di Sintang 19 April 1990. Alumni Ponpes Darul Ma’arif 2008

5 thoughts on “Apa organisme paling penting di Bumi?

    Ahmad Jaiz

    (March 14, 2013 - 5:17 pm)

    Wew, baru tahu saya. Makasih infonya. Berarti boleh nebang pohon nih? hehehe

      Agus Salim

      (March 14, 2013 - 5:26 pm)

      Tetap tidak boleh pohon ditebang, banyak fungsinya seperti menahan air untuk mencegah banjir, menahan tanah agar tidak longsor, mempertahankan ekosistem bagi sebagian spesies, menyerap CO2 dll,

    Sagoe

    (May 3, 2013 - 1:13 pm)

    Kita lah “manusia” yang paling penting, hehe.
    Tapi suka buat kerusakan,

      Agus Salim

      (May 3, 2013 - 1:16 pm)

      He2, betul juga mas manusia suka buat kerusakan, 🙂

      Danu

      (May 8, 2013 - 12:29 pm)

      Manusia, khalifah di bumi ini. Organisme lain adalah pendukung, tapi bukan berarti manusia bisa semena-mena.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *