Apakah Cloud Computing Asing??

Cloud computing mulai digandrungi saat ini, dan sebenarnya keberadaan nya sudah lama akan tetapi istilahnya baru tenar saat-saat ini. Terlihat ada grup tersendiri yang dibuat untuk wadah sharing tentang cloud computing atau dalam bahasa Indonesia “komputasi awan”. Cloud computing bukan merupakan layanan baru di dunia maya akan tetapi ia merupakan suatu proses yang terjadi karena beberapa syarat terpenuhi (menurut para pakar cloud computing) di grup facebook :

  1. Sumber Daya; sumber daya berupa komputer, hardisk, listrik, operator yang berfungsi sebagai pendukung proses cloud computing.
  2. Akses jaringan luas, artinya layanan yang terdapat pada cloud computing bisa diakses oleh berbagai media seperti smartphone, komputer, modem dan sebagainya.
  3. Pengatur layanan, artinya ada yang mengatur dan atau memonitor lalu lintas akses yang terjadi pada cloud computing.
  4. Konsumen, yang menerima atau menggunakan layanan cloud computing.
Jika semua syarat di atas terpenuhi, maka sebenarnya kita sudah mengalami cloud computing. Contoh yang paling mudah dan gratis adalah gmail. Sumber daya gmail dari perusahaan Google Inc, akses jaringan terbukti luas karena bisa diakses dari komputer dan smartphone, pengaturan layanan oleh Google sendiri dan ada banyak sekali konsumen yang menggunakan gmail ini. Cloud computing juga dapat berupa storage (penyimpanan), contoh drive.google.com, dropbox.com dll.
Akan tetapi dengan kemajuan jaman saat ini cloud computing dapat dibangun dimana saja semau kita, asal ada dana dan sumber daya. Media penyimpanan, layanan berbasis komputasi, intranet bisa dibangun di sekolah, di kantor dan lain-lain yang semua itu dapat dilakukan dengan kerjasama dengan provider yang sudah ada atau dari kita sendiri.
Penulis juga melampirkan presentasi pakar dari cloud computing di bawah ini, semoga dapat bermanfaat.

Maju terus teknologi Indonesia! 🙂


Tulisan Terkait

[related_posts]

Post Author: Agus Salim

Agus Salim. Pria biasa, lahir di Sintang 19 April 1990. Alumni Ponpes Darul Ma'arif 2008

1 thought on “Apakah Cloud Computing Asing??

    John

    (December 24, 2012 - 3:01 am)

    Ehm, lumayan penjelasannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *